Post Terbaru
Loading...

Sabtu, 16 April 2016

PHP OOP Part 3 - Inheritance (Pewarisan) Dalam OOP

in OOP
Setelah kemarin kita belajar mengenai Enkapsulasi Object, sekarang kita akan membahas mengenai pewarisan, atau istilah kerennya adalah inheritance dalam OOP.
inheritance
Inheritance atau dalam bahasa Indonesia disebut Pewarisan/Penurunan merupakan sebuah konsep pemrograman dimana sebuah class dapat menurunkan property dan method yang dimilikinya kepada class lain.

Fungsi dari konsep ini adalah untuk memanfaatkan fitur code reuse untuk menghindari duplikasi kode program. Konsep inheritance akan membuat struktur atau hirarki class dalam kode program.

Jadi, class yang akan diturunkan disebut dengan class induk (parent class), super class, atau base class. Sedangkan class yang menerima penurunan / pewarisan disebut sebagai class anak (child class), sub class, derived class atau heir class.

Akan tetapi, seperti yang kita bahas dalam enkapsulasi di materi sebelumnya, tidak semua property dan method bisa diturunkan. Saat kita menggunakan hak akses Private maka property dan method tidak dapat diturunkan. Namun kalau menggunakan hak akses protected dan public, property dan method nya bisa diakses dari class anak. (baca enkapsulasi object)

Berikut Struktur Dasar dari Inheritance
 
.
. class induk { //isi dari class induk } class anak extends induk { //mengakses class anak //property dan method dari class induk }
Berikut Cara Penggunaan Inheritance (Pewarisan) di PHP

.
. <?php //Membuat Class Dealer class dealer{ //property protected protected $produk = "Vario"; public function hasil_produk(){ return $this->produk; } } // buat class turunan dealer motor class dealer_motor extends dealer{ public function tampilkan_produk() { return $this->produk; } public function tampilkan_edit() { echo "Vario Edit";; } } //object $hasil = new dealer_motor(); echo $hasil->tampilkan_produk()."<br>"; echo $hasil->tampilkan_edit()."<br>"; ?>
Hasilnya Seperti Berikut:

inheritance

Seperti yang bisa lihat, bahwasannya terdapat 2 class pada contoh tersebut, yaitu class dealer sebagai class induk, dan class dealer_motor sebagai class anak nya.

Yang harus diperhatikan disini dalam penggunaan Inheritance (Perwarisan) adalah penggunaan hak akses, karena seperti di awal saya tegaskan bahwasannya pewarisan hanya bisa diproses saat kita menggunakan hak akses protected dan juga public, kalau kawan-kawan menggunakan hak akses private pastinya property dari class induk akan di anggap tidak ada.


Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING