Post Terbaru
Loading...

Jumat, 15 April 2016

PHP OOP Part 1 - Class Object Property dan Method

in OOP
Menurut beberapa sumber yang saya baca, dasar pemrograman berbasis objek ada 4, diantaranya: class, object, property dan method. Keempat kunci inilah yang akan menjadi pondasi dari Pemrograman Berbasis Objek (OOP).

class object property dan method

Pembahasan Tentang Class

Class merupakan salah satu bagian untuk membuat kerangka dasar dalam OOP, contoh class seperti: Operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete), koneksi database, dll. Berikut contoh penulisan class dalam PHP OOP:

.
. <?php //Membuat Class Dealer class dealer{ // isi dari class dealer... } ?>
Seperti contoh diatas, penulisan class di PHP diawali dengan keyword class, lalu di ikuti dengan nama class (dalam hal ini class Dealer), selanjutnya untuk isi dari class berada dalam tanda kurung kurawal ( { *isi class* } )

Pembahasan Tentang Property

Property atau bisa juga disebut dengan atribut merupakan sebuah data yang terdapat didalam sebuah class. Kalau kita sudah familiar dengan PHP, sebenarnya property ini hanyalah sebuah variabel yang berada didalam sebuah class.

Jadi semua aturan ataupun tipe data yang ada di PHP prosedural dan biasa di inputkan kedalam variabel, bisa juga di inputkan kedalam property, untuk aturannya pun sama persis. Berikut cara penulisan class yang sudah disertai dengan property

.
. <?php //Membuat Class Dealer class dealer{ //property var $user; var $produk; var $jenis; // isi dari class dealer... } ?>
Seperti contoh diatas $user, $produk, dan $jenis merupakan property dari class dealer yang sudah di deklarasikan sebelumnya, dan untuk cara penulisannya property pun hampir sama dengan variabel PHP prosedural, yang mana di awal diberikan tanda "$ (dollar)"

Pembahasan Tentang Method

Method merupakan sebuah tindakan/ aksi/ perintah yang bisa dieksekusi didalam class, semisal kalau kita mempunyai class dealer, maka method yang mungkin ada di dalam class dealer adalah: tambah_produk, update_produk, cari_produk, dll.

Berikut contoh penulisan class yang sudah disertai dengan property dan method:

.
. <?php //Membuat Class Dealer class dealer{ //property var $user; var $produk; var $jenis; //method function tambah_produk(){ //isi dari method tambah_produk } function update_produk(){ //isi dari method update_produk } function cari_produk(){ //isi dari method cari_produk } // isi dari class dealer... } ?>
Dari contoh tersebut dapat kita lihat bahwasannya untuk penulisan method sebenarnya aturan penulisannya sama dengan penulisan function. Namun yang paling penting bahwasannya setiap class tidak harus memiliki method, ini bisa disesuaikan dengan kondisi.

Pembahasan Tentang Object

Object merupakan hasil ataupun output-an yang dihasilkan oleh class, semisal kita punya class dealer, maka object dari class dealer bisa seperti: honda civic, brio, avanza, xenia, alphard, dan lain-lain. Jadi bisa dibilang object dari class dealer ini akan memiliki semua ciri dealer yaitu dari property dan method nya.

Untuk proses mencetak object dari sebuah class ini disebut dengan "instansiasi". Pada PHP sebuah proses instansiasi ini dilakukan dengan menggunakan keyword "new" dan hasilnya class akan di simpan kedalam variabel . Kalau masih bingung, berikut cara penulisannya class yang sudah disertai dengan property, method dan object

.
. <?php //Membuat Class Dealer class dealer{ //property var $user; var $produk; var $jenis; //method function tambah_produk(){ //isi dari method update_produk } function update_produk(){ //isi dari method update_produk } function cari_produk(){ //isi dari method cari_produk } // isi dari class dealer... } //object $hasil = new dealer(); ?>
Seperti yang kawan-kawan lihat diatas, $hasil merupakan object dari class dealer, dan object ini akan memiliki semua property dan juga method yang telah dirancang didalam class dealer yang kita buat.

Jadi, review dari pembahasan ini adalah, dalam materi ini kita membahas 4 pokok permasalahan yang akan menjadi fondasi dalam belajar PHP OOP, yaitu Class, Property, Method dan Object, yang mana class merupakan fondasi awal yang isinya terdiri dari property dan atau method dan hasil dari class dilakukan proses instansiasi yang mana hasilnya disebut dengan object

Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING