Post Terbaru
Loading...

Minggu, 24 April 2016

Pengenalan Framework Laravel

in Laravel
Framework Laravel merupakan framework PHP berbasis open source dengan menggunakan konsep MVC (Model-View-Controller)  yang dikembangkan oleh Taylor Otwell pada tahun 2011, dan saat posting ini diterbitkan (24 April 2016) Laravel sudah versi (5.2.6).

laravel

Sekedar informasi saja, bahwasannya laravel sendiri merupakan framework yang populer, seperti yang dilansir dari sitepoint dan juga hotframeworks

sitepoint
(sitepoint.com)
Ditahun 2015 laravel memiliki >1500 vote, jauh meninggalkan framework lainnya.

hotframeworks
(hotframeworks.com)

Kalau dari website hotframeworks.com, disini framework laravel mendapatkan nilai 87, disusul codeigniter dll.


Sejarah Framework Laravel

Framework ini dibuat oleh Taylor Otwell pada April 2011, yang melatar belakangi beliau membuat framework ini adalah karena beliau tidak menemukan framework yang ter-update dengan versi PHP.

Oleh karenanya beliau membuat framework sendiri dengan nama laravel yang mana waktu laravel dirilis menggunakan PHP versi 5.3

Filosofi Laravel

Seperti yang dilansir dari laravel.com, bahwasannya laravel ingin menjadi framework mudah dalam penggunaannya dengan mengurangi beberapa langkah yang umum dilakukan dalam membuat project web, seperti otentifikasi, routing, session, cache dll.

Pada prinsipnya laravel dikembangkan dari pengalaman-pengalaman kreatif dengan tujuan memuaskan dan memudahkan penggunannya. laravel bisa dikatakan framework yang powerfull dengan kumpulan program kontrolnya, sistem ekspresif dan juga dukungan berbagai tools maupun package-package menarik lainnya.

Silakan komen dengan memperhatikan aturan berikut
1. Komen relevan, sesuai dengan apa yang dibahas
2. Komen tidak mengandung unsur SARA
3. Mau promo apapun silakan yang penting perhatikan poin 1 dan 2
4. Perhatikan poin 1-3 aja
5. Poin 5 hanya buat iseng aja kok hehehe

#HAPPYCODING